Kata-Kata Hikmah Tentang Malu

No comment 109 views
Kata-Kata Hikmah Tentang Malu

Berikut ini yang akan kita bahas adalah kata-kata hikmah malu yang kadang tidak kita sadari kalau rasa malu bisa mendatangkan dampak negatif maupun positif bagi kita. Kata kata hikmah tentang malu ini merupakan petikan dari salah satu hadits Al-Bukhari yang menerangkan tentang sifat malu yang ada pada diri manusia.

Kadang kita tidak sadar bahwa sebenarnya menjaga rasa malu itu merupakan hal yang sangat diperlukan pada saat-saat tertentu. Dengan kemajuan zaman sekarang ini banyak orang yang cenderung bersikap terlalu bebas dan meninggalkan rasa malu. Sehinnga tak heran jika gaya hidup dan cara berpakaian-pun mulai mengikuti trend atau budaya asing yang sebenarnya tidak layak kita terapkan di negeri ini.

Barbahagialah kita yang masih memiliki rasa malu dan dapat menjaga diri baik itu dalam pergaulan, berbicara, berpakaian, dan dalam kehidupan kita di masyarakat. Berikut ini salah satu kata kata hikmah tentang rasa malu yang dipetik dari hadits Al-Bukhari, silahkan disimak:

Diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a:” Suatu ketika Rasulullah SAW terserempak dengan seorang Ansar (lelaki) yang sedang menegur saudara lelakinya karena ia sangat pemalu. Ketika itu juga rasulullah SAW bersabda:” Biarlah dia karena malu adalah sebagian dari iman.” (al-Bukhari)

Dari hadith di atas dapat kita lihat betapa pentingnya kita menjaga rasa malu, seperti yang disabdakan sendiri oleh Rasulullah SAW jika rasa malu merupakan sebagian dari iman. Lalu bagaimana dengan perkembangan dunia luar yang semakin mencerminkan bebasnya pergaulan sehingga kadang adat budaya dan rasa malu sendiri seakan telah ditinggalkan? Biarlah mereka sendiri yang menilai tentang penampilannya, yang terpenting adalah kita memulai dari diri sendiri untuk selalu melakukan koreksi dan senantiasa menjaga rasa malu sebagai manusia yang punya harkat dan martabat.