Penyebab Terjadinya Gerhana Bulan

1 comment 151 views

Jika kalian bertanya tentang penyebab terjadinya gerhana bulan, maka secara singkat mari kita bahas sedikit tentang gerhana bulan. Pasti kita sudah pernah mengalami atau melihat gerhana bulan dimana pada saat terjadi gerhana bulan posisi bulan sejajar dengan struktur bumi, atau bisa dikatakan penampang bulan tertutup oleh bayangan planet bumi.

Dengan kata lain dapat di artikan kalau proses terjadinya gerhana bulan adalah pada saat kedudukan bumi berada tepat di antara matahari dan bulan sehingga membentuk garis lurus dan cahaya dari matahari yang menyinari bulan terhalang oleh planet bumi. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar berikut:

Gerhana Bulan

Kadang-kadang pada saat terjadi gerhana bulan cahaya matahari masih dapat mengenai bulan sehingga bulan masih tampak sebagian atau sebelah. Hal inilah yang kemudian menyebabkan adannya sebutan gerhana bulan total dan juga gerhana bulan sebagian. Pada kondisi gerhana bulan sebagian, cahaya matahari masih dapat dipantulkan oleh atmosfer bumi dan sebagian mengenai bulan, sehingga bulan akan kelihatan berwarna kemerahan atau kecoklatan.

Gerhana Bulan Sebagian

Macam-macam jenis gerhana bulan adalah sebagai berikut:
1. Gerhana bulan total, pada gerhana bulan total posisi bulan berada tepat di daerah umbra.

2. Gerhana bulan sebagian, pada gerhana bulan sebagian posisi bulan tidak sepenuhnya terhalangi oleh bumi. Jadi masih ada sebagian sinar matahari yang dapat mengenai bulan.

3. Gerhana bulan penumbra, pada gerhana bulan penumbra seluruh bagian bulan berada pada daerah penumbra sehingga menyebabkan warna bulan menjadi terlihat suram.