Waktu yang Tidak Diperbolehkan/ Dilarang untuk Tidur

Apakah ada waktu yang tidak diperbolehkan untuk tidur? Kalau anda bertanya tentang waktu yang dilarang untuk tidur maka memang benar ada waktu-waktu tertentu yang kalau kita tidur hukumnya makruh menurut agama Islam. Tentu saja ada sebab-sebab tertentu mengapa dalam waktu tersebut kita dilarang untuk tidur.

Salah satu waktu yang makruh apabila kita tidur adalah tidur disaat pagi hari sehabis shalat Shubuh, dimana waktu diantara Shubuh hingga matahari terbit merupakan waktu yang sangat berharga. Diwaktu tersebut adalah saat yang tepat untuk memulai hari, juga merupakan waktu turunnya rezeki.

Maka tak heran kalau ada pepatah "bangun kesiangan maka rezekinya dipatok ayam", ya mungkin itu adalah sebuah nasehat untuk kita rajin bangun pagi dan tidak menyia-nyiakan waktu dimana saat itu merupakan pembagian rezeki yaitu diwaktu awal pagi.

Waktu yang lainnya yang tidak diperbolehkan tidur yaitu waktu sebelum shalat Isya'. Diwaktu tersebut kebanyakan dari kita masih sibuk menjalankan aktifitas dan mungkin ada yang baru pulang kerja. Juga untuk anak kecil yang suka tidur sore, diwaktu tersebut lebih baik dibangunkan lebih dahulu.

Abu Barzah radlyallaahu anhu meriwayatkan: ”Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam membenci tidur sebelum shalat isya’ dan mengobrol setelahnya” (HR. Bukhari 568 dan Muslim 647).

Apabila dalam waktu-waktu di atas kita tidak sedang dalam keadaan terpaksa, maka lebih baik untuk menghindari tidur disaat-saat tersebut. Masih banyak aktifitas lain yang lebih bermanfaat dapat kita kerjakan.