Cara Agar Anak Rajin & Tidak Malas Belajar

No comment 26 views
Cara Agar Anak Rajin & Tidak Malas Belajar

Bagaimana cara agar anak tidak malas belajar? Tentu cara agar anak rajin belajar sangat diperlukan bagi para orang tua yang ingin menumbuhkan semangat belajar bagi anak, kebanyakan anak tidak mau belajar bukan karena minat mereka yang kurang, namun disebabkan tidak adanya motivasi yang membantu memberikan semangat belajar padanya.

Yang menjadi penyebab anak tidak mau belajar bisa karena rasa takut akan gagal, sehingga apabila tidak diberikan dorongan mental padanya, maka dia akan semakin takut untuk mencoba dan belajar. Tak heran jika banyak anak yang pesimis akan masa depan yang dia hadapi, padahal kalau kita sebagai orang tua mampu berperan aktif membantu minat belajar anak, pasti dapat menghasilkan sesuatu yang positif.

Berikut ini beberapa tips membangkitkan semangat belajar anak yang dapat diterapkan untuk membantu anak agar tidak malas belajar.

Cara Agar Anak Tidak Malas Belajar
Tanamkan rasa percaya diri untuk menghadapi kegagalan, anda dapat bercerita pada anak bahwa setiap kegagalan yang dialami adalah awal dari keberhasilan. Anda bisa bercerita tentang pengalaman pribadi bagaimana anda gagal kemudian bangkit lagi dengan belajar lebih rajin. Dengan rasa percaya diri yang mulai tertanam, maka anak akan selalu siap menghadapi segala masalah dalam belajar, misalnya nilai yang buruk.

Berikan perhatian yang cukup untuk keluarga, kebanyakan anak tidak mau belajar karena faktor keluarga yang kurang harmonis. Usahakan untuk membangun keluarga yang harmonis dan penuh kasih. Luangkan waktu yang cukup untuk bersama keluarga, atur kembali jadwal kerja anda agar waktu dirumah lebih banyak.

Berikan pujian kepada anak atas pencapaiannya, memberikan pujian kepada anak sangat penting agar dia merasa dihargai atas nilai yang dia raih. Berikan pujian dan penyemangat, namun jangan sampai membuat anak menjadi manja.

Berikan hadiah atas keberhasilannya, suatu hadiah akan menjadi motivasi bagi anak. Berikan hadiah kepadanya jika dia memperoleh nilai yang baik, dan katakan padanya bahwa dimasa depan dia harus lebih baik lagi. Saat anak memperoleh nilai buruk, tetap berikan semangat agar mentalnya tidak turun.