Zat Kimia Pada Makanan yg Berbahaya Bagi Kesehatan

Kita mengkonsumsi makanan seiap hari agar kebutuhan suplemen bagi tubuh terpenuhi, ada beberapa jenis zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan jika sampai masuk kedalam sistem percernaan tubuh. Meskipun jumlah bahan kimia tersebut hanya sedikit, tapi apabila sudah mencemari makanan maka akan dapat menyebabkan timbulnya dampak buruk bagi manusia.

Tak heran jika sering terdengar kasus keracunan massal karena makanan yang dikonsumsi mengandung zat kimi berbahaya. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan, tidak ada salahnya disini kita bahas tentang apa saja zat kimia berbahaya yang jika terkandung didalam makanan dapat menyebabkan kita keracunan.

Monosodium Glutamate atau sering disingkat MSG adalah zat kimia digunakan sebagai penyedap rasa pada bumbu masakan. Jika digunakan secara wajar dan dalam porsi yang tidak terlalu banyak zat kimia MSG tidak begitu menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Namun penggunaan yang melebihi batas dalam jangka panjang dapat mengakibatkan gangguan serius pada kesehatan.

Saccharine atau sakarin adalah zat kimia pemanis buatan yang sering digunakan sebagai pengganti gula. Banyak disebutkan kalau kadar kemanisan sakarin berkali lipat dibandingkan gula biasa. Namun demikian, jika digunakan melebihi batas zat kimia ini dapat menimbulkan resiko terkena kanker kandung kemih. Pakar kesehatan dunia menyebutkan kalau penggunaan zat sakarin yang aman adalah tidak lebih dari 1 gram setiap harinya.

Nitrosamine adalah zat kimia yang berbentuk bongkahan kristal bening tidak berbau. Nitrosamine sering digunakan untuk memberikan aroma khas pada ikan dendeng, kornet, atau untuk mempertahankan warna asli daging.