Dampak Anak Kurang Perhatian Ibu Bapa

No comment 226 views

Anak kurang perhatian ibu bapa dapat mengakibatkan banyak dampak negatif yang mungkin akan terlihat setelah anak tumbuh remaja hingga menginjak dewasa. Dampak anak kurang perhatian daripada ibu bapa dapat menjadi punca sejarah kelam bagi sang anak yang tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan gejala sosial yang tidak normal dimasa mendatang.

Sebagai orang tua, teramat penting untuk terus mengawasi perkembangan psikis anak sejak mulai dari kecil, hingga anak remaja hendaknya senantiasa ada bimbingan yang terarah agar anak dapat memiliki sikap terpuji dan membentuk pondasi kokoh untuk akhlaknya.

Kadang kita terlalu sibuk untuk terus mengawasi anak setiap saat, bahkan tak jarang orang yang menyerahkan sepenuhnya urusan anak kepada orang gaji karena kesibukan kariernya. Mungkin saat ini memang belum terasa, namun jika suatu saat nanti perkembangan anak tidak seperti apa yang diharapkan tentu saja akan menimbulkan penyesalan atas apa yang kita lakukan dimasa lalu.

Karena kurang kasih sayang dari orang tua, tak jarang anak-anak memilih mencari sisi lain dari hidupnya yang bisa jadi menjerumuskan dia ke hal-hal negatif. Tak heran kalau timbul istilah broken home dari anak-anak yang kurang mendapat kasih sayang orang tua mereka karena kesibukan kerja.

Dari segi mental, anak yang kurang mendapat kasih sayang ibu bapa akan cenderung tidak tahu bagaimana cara menahan emosi dan mengendalikan sikapnya terutama dalam hal cinta dan sikap terhadap orang lain.

Kita ssebagai orang tua tentu tidak mau memiliki anak yang cacat mental karena kurang perhatian serta kasih sayang dari ortu bukan? Untuk itu sesibuk apapun kita sebaiknya meluangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga agar perhatian serta kasih sayang kepada mereka senantiasa terjaga. Mereka pasti juga akan bangga memiliki orang tua yang sibuk bekerja namun masih tetap dapat membagi waktu untuknya.