Obat Sakit Cangkrang [Cacar Air]

1 comment 393 views

Mengapa blogger gunungkidul menulis tentang obat cangkrang atau cacar air ini? Karena sekarang ditempat blogger gunungkidul sedang musim orang terkena cangkrang atau campak. Jadi mungkin akan ada yang memerlukan info obat sakit cangkrang, makanya sekalian ditulis disini.

Tersiksa sekali rasanya kalau menderita penyakit cangkrang ini, kalau orang Jawa menyebutnya cangkrangen. Tanda-tanda cacar air atau cangkrang adalah suhu badan yang panas, biasanya badan menjadi panas tinggi, muncul bentol-bentol pada kulit. Bentolan tersebut agak memerah dan berair, rasanya sakit banget kalau sampai bentolnya pecah.

Berikut petikan tentang cangkrang atau cacar air menurut Wikipedia:

Cacar air atau Varicella simplex adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penyakit ini disebarkan secara aerogen.

Penyakit campak atau cacar air dapat menyerang orang dewasa atau anak, seringkali untuk menyembuhkan cacar air pada anak membuat sang ibu bingung. Gejala cacar air sudah disebutkan diatas, sedangkan proses penularan cacar air dapat terjadi sangat cepat, orang yang terkena cangkrang biasanya akan menular pada orang-orang disekelilingnya.

Penyakit cacar air berlangsung mulai dari tanda-tanda awal sampai sembuh sekitar dalam tiga minggu. Pada saat orang terkena cangkrang, pantangan yang harus dihindari adalah terkena suhu yang terlalu dingin, seperti mandi air dingin, terkena angin berlebih, dan juga bentol pada kulit jangan sampai digaruk. Soalnya kalau digaruk dapat menimbulkan bekas hitam pada kulit.

Obat cangkrang tradisional yang sering disarankan oleh orang-orang tua adalah dengan membuat cacar air keluar dengan sempurna. Caranya adalah dengan menggoreng beras ketan hitam, kemudian setelah digoreng sangrai beras tersebut ditumbuk halus. Tumbukan beras tersebut dicampur dengan air dan diminumkan pada si penderita. Maka cacar air akan tumbuh semua dan akan lebih cepat sembuh.

Nah, pada saat melepas pakaian sebaiknya berhati-hati karena dapat menyebabkan butiran cacar pecah dan melukai kulit. Pada saat menderita sakit cacar air, sebiknya membersihkan diri atau mandi dengan air hangat, dan kalau cacar sudah sembuh agar tidak meninggalkan bekas flek hitam, maka disarankan untuk mandi air hangat dicampur bulu ayam.