Pengertian Sentra dalam PAUD

No comment 123 views

Dalam proses pendidikan anak usia dini atau sering disebut PAUD dikenal adanya istilah Sentra. Lalu apa definisi atau pengertian sentra itu sendiri? Untuk mengetahuinya, silahkan simak ulasan yang akan saya bagi menjadi beberapa artikel berikut ini.

Salah satu pendekatan yang membantu kreativitas dalam penggunaan peralatan adalah dengan menyediakan salah satu bagian dari kegiatan, minat, dan lingkungan dengan mengidentifikasi kegiatan dan peralatan untuk setiap kelompok anak dikelas.

Sentra merupakan komponen khusus yang membolehkan anak-anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan bermain yang mereka inginkan sendiri. Dalam sentra anak diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan anak lain, belajar secara individual atau berpasangan. Ruangan kelas untuk anak-anak kecil dibagi kedalam area tematik yang terpisah yang disebut pusat kegiatan (activity centers) atau pusat minat (interest centers).

Sentra (pusat kegiatan) adalah simbol yang menyediakan dunia mereka. Dalam “dunia sentra” mereka dapat mencoba beberapa ide dan menyusun kembali kejadian dengan benar sesuai dengan tingkat pemahamannya.

Hal-hal yang dapat dilakukan anak dalam belajar melalui sentra yaitu:

  1. Membuat pilihan, mengembangkan rasa percaya diri dalam kemampuan memecahkan masalah.
  2. Menjelajah bahasa, mengkombinasikan kata.
  3. Meningkatkan kemampuan kreatif, menyeleksi peralatan.
  4. Mengembangkan kemampuan sosial dengan anak lain.
  5. Memahami anak lain dan berpartisipasi dalam bermain.
  6. Mengembangkan tanggung jawab.
  7. Pengalaman belajar terpadu ketika menggunakan semua area dalam kurikulum dengan berbagai cara yang bermakna.