Rengginan, Makanan ringan yang terbuat dari beras ketan

Salah satu cemilan renyah yang merupakan makanan ringan favorit adalah 'rengginan'. Makanan ringan ini dibuat dari beras ketan atau nasi pulut, ssama dengan proses pembuatan 'jadah', nama-nama makanan tersebut merupakan nama Jawa. Kalau nama bahasa Indonesianya saya kurang tahu, hehe.

Bentuk rengginan adalah bulat pipih hampir sama dengan 'patolo', yaitu makanan atau krupuk renyah sejenis yang berbahan dasar ketela. Wujud dari rengginan sendiri sebenarnya hampir mirip dengan krupuk, karena tidak ada gambarnya jadi agak susah juga untuk menggambarkan bagi anda yang belum tahu.

Namun rata-rata sudah tahu dengan apa itu rengginan atau krupuk beras ketan. Rasa dari snack rengginan ini renyah dan gurih, dihidangkan dalam kondisi habis digoreng. Untuk menjaga agar tidak lembab atau 'mlempem', maka ada baiknya rengginan disimpan didalam toples kedap udara dalam ruangan yang kering.

Kalau di Gunungkidul, banyak sekali ibu-ibu yang membuat makanan ringan ini untuk usaha sampingan. Bisa dijual dalam bentuk mentah atau dalam keadaan sudah digoreng. Cara masak rengginan sendiri adalah sama dengan menanak nasi, namun beras ketan dicampur dengan parutan kelapa, dan dikukus hingga matang.

Kemudian jadah atau nasi ketan tersebut dicetak dalam cetakan berbentuk bulat dan dijemur dibawah matahari sampai kering.