Fungsi Air Bagi Pertanian

No comment 2786 views

Fungsi air bagi pertanian bisa dibilang sangat vital. Air bagi para petani adalah sumber daya pokok yang menunjang berlangsungnya kegiatan pertanian. Fungsi air dalam pertanian secara umum adalah sebagai irigasi atau pengairan, karena tanpa adanya pengairan yang baik maka hasil dari tanaman yang dikelola oleh petani tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Di seluruh dunia, diperkirakan sekitar 68% jumlah air digunakan untuk keperluan irigasi, jadi bukan hal yang aneh kalau dimana-mana kita menemukan sawah atau ladang dengan sistem pengairan yang cukup canggih.

Irigasi

Di beberapa tempat, irigasi hanya diberikan untuk tanaman yang benar-benar dapat mendatangkan hasil dan merupakan kebutuhan pokok, misalnya irigasi untuk tanaman padi. Namun di daerah lain banyak juga pemberian irigasi secara menyeluruh terhadap semua jenis tanaman, tentu saja alasannya karena sumber daya air di daerah itu sangat mencukupi.

Dengan semakin meningkatnya populasi penduduk dunia, maka kita perlu mencari inovasi untuk memaksimalkan sumber daya air yang ada, karena tuntutan kebutuhan pangan terus meningkat sedangkan sumber air masih tetap tidak ada peningkatan.