Perubahan Cuaca yang Tidak Menentu

Akhir-akhir ini sering turun hujan, padahal kalau melihat pada kalender, seharusnya bulan Juni itu sudah memasuki musim kemarau. Curah hujan yang terlalu sering, dan gejala lain seperti banyaknya orang yang menderita pilek, dan sakit-sakitan sama persis seperti ketika memasuki permulaan musim hujan.

Kalau dilihat, sepertinya perubahan cuaca semakin tidak menentu. Adapun penyebab hal itu bisa terjadi rasanya tidak dapat kita simpulkan dengan pasti, kalau melihat pada tahun 2014 kemarin, malah terjadi kemarau yang cukup panjang, sedangkan tahun ini sepertinya malah tidak akan ada musim kemarau. Bisa jadi memasuki bulan puasa besok, akan langsung turun hujan sampai dengan tahun depan.

Lantas apa dampak yang ditimbulkan dari pergantian musim yang tidak menentu sekarang ini? Kalau untuk para petani didaerah saya, yang jelas kentara adalah banyaknya kacang tanah yang tumbuh sebelum dipanen. Hal ini akan merugikan petani, karena hasil panen kacang tanah akan menurun.

Sedangkan dampak secara global mungkin rasanya akan lebih tahu kalau kita tanyakan pada ahlinya. Yang jelas dengan adanya musim hujan yang panjang ini banyak juga menimbulkan bencana alam seperti tanah longsor dan banjir dibeberapa daerah.

Leave a Reply