Faktor Yang Mengendalikan Pertumbuhan Tanaman

Faktor Yang Mengendalikan Pertumbuhan Tanaman

Pertumbuhan tanaman dikendalikan oleh 2 faktor penting yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Beberapa faktor yang mengendalikan pertumbuhan tenaman sering disebut juga sebagai pengendali yang mempengaruhi perkembang biakan tumbuhan tersebut.

Faktor internal biasa disebut juga dengan istilah faktor dalam, pada umumnya faktor internal terdiri dari bagian-bagian tanaman itu sendiri. Sedangkan faktor eksternal sering juga disebut sebagai faktor luar, adalah beberapa komponen penting yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Berikut ini faktor-faktor yang menjadi penentu pertumbuhan tanaman serta contoh yang dapat kita temui.

Faktor Eksternal, faktor luar memiliki peranan penting terhadap pertumbuha dari suatu tanaman. Adapun beberapa faktor dari luar tersebut antara lain adalah:

  1. Cahaya, cahaya adalah faktor yang sangat penting dalam pertumbuhan tanaman. Hal ini memiliki peranan dalam proses fotosintesis yang akan menghasilkan karbohidrat.
  2. Air, hal penting lainnya yang berpengaruh dalam perkembang biakan tumbuhan adalah air. Beberapa peranan penting air antara lain adalah dalam fotosintesis, mengatifkan reaksi enzimatik, menjaga kelembaban dan membantu perutmbuhan biji menjadi kecambah.
  3. Oksigen, oksigen sangat penting dalam proses metabolisme tanaman dan akan menghasilkan energi.
  4. Temperature atau suhu, perubahan suhu mempengaruhi pertumbuhan suatu tanaman, dengan suhu yang mendukung akan mempercepat tanaman tumbuh besar.
  5. Kelembaban, lingkungan yang lembab akan membantu proses penyerapan air didalam tanaman.
  6. Nutrisi, nutrisi atau bahan makanan adalah bahan pokok yang akan mempengaruhi proses metabolisme dan pertumbuhan tanaman.
  7. Grafitasi, adanya gaya grafitasi bumi akan mempengaruhi pertumbuhan, dalam hal ini pergerakan akar akan menuju pusat bumi sedangkan pucuk tanaman akan menuju ke atas atau kelangit.

Faktor Internal, faktor internal disebut juga sebagai faktor dalam. Beberapa faktor dari dalam tanaman itu sendiri juga sangat mempengaruhi proses pertumbuhan. Beberapa faktor internal tersebut antara lain adalah:

  1. Gen , gen merupakan sifat turunan yang dapat diturunkan pada kerturunannya, gen sangat mempengaruhi pertumbuhan suatu tanaman.
  2. Hormon, hormon merupakan regulator pertumbuhan yang sangat esensial yang dibuat pada satu bagian tumbuhan, sedangkan respons pertumbuhan terhadap hormone terjadi di bagian tumbuhan lainnya. Sebagai contohnya dapat dilihat pada: Akar,batang dan daun. Sedangkan hormon tumbuhan (fitohormon) antara lain auksin,sitokinin,dan giberelin.


Leave a Reply