Rangkaian Power Amplifier OCL 300 watt Ronica Pakai Transistor Jengkolan

Memiliki rangkaian OCL 300 watt transistor jengkolan rasanya sangat memuaskan apalagi kalau kita bisa membuat skema ocl 150 watt mono menjadikannya sebagai pcb layout untuk selanjutnya dirangkai menjadi rangkaian siap pakai.

Rasanya ada kepuasan tersendiri kalau bisa merangkai sebuah kit amplifier dengan daya tinggi, dengan pemilihan komponen sesuai kehendak hati sehingga rasa puas dalam hati tidak akan mudah diukur dengan materi, namun memberikan kepuasan dalam hati sehingga kita patut memperhitungkan setiap material dan langkah pembuatan sampai akhirnya perangkat ampli 300 watt siap digunakan.

 

Skema

Merancang sendiri skema power 300 watt memang tidak mudah, meskipun diluar sana sudah banyak kit yang menjual rangkaian power amplifier ini namun rasanya lebih puas kalau kita dapat membuatnya sendiri. Untuk itu, dibawah ini ada satu contoh skema ampli ocl 300 wat mono yang dapat dikembangkan sendiri sehingga menghasilkan rangkaian stereo dengan kualitas suara tidak mengecewakan.

Skema power ampli 300 watt ronica

 

Dari skema power ocl 300 watt diatas kita dapat mengembangkan sendiri sehingga menghasilkan rangkaian amplifier 300 watt stereo menggunakan transistor, yang akan menghasilkan suara lebih baik dari hanya sekedar mono. Ini patut digambarkan dengan mudah pada pcb untuk membuat layout yang ringkas dan sederhana, penataan komponen yang lebih kompak sehingga menghasilkan rangkaian yang layak digunakan sendiri maupun dijual.

Amplifier ini dirancang untuk memakai transistor dengan daya tinggi sehingga dapat menghasilkan kualitas suara yang cocok untuk penggunaan diluar rumah misalnya untuk sound system atau kegunaan lain yang memerlukan watt besar pada rangkaian power amplifiernya. Dengan konstruksi yang baik, modul ini mampu menghasilkan kinerja berkualitas tinggi hingga mencapai 300 watt, namun kuatnya output yang dihasilkan tidak luput dari power supply yang digunakan, kalau mampu memasok tegangan dc stabil dengan ampere tinggi maka hasil yang diperoleh juga bagus. Dengan driver dan output transistor yang ditentukan itu terbatas pada tegangan DC +/- 70 volt.

 

Layout PCB

Melarutkan sendiri skema yang ada kedalam pcb kosong juga perlu perhitungan matang, terutama penataan yang baik sehingga terlihat kompak dipandang dan dapat memberikan kesan ringkas namun cukup tertata rapi.

Dari contoh skema ocl 300 watt diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa masing-masing komponen yang digunakan memang termasuk mudah ditemukan di pasaran. Bahkan untuk transistor penguat sendiri sangatlah umum sehingga kita tidak akan mengalami kesulitan dalam mencarinya.

Kalau kita mencari transistor jengkolan untuk ampli 150 watt ocl atau 300 watt memang perlu memahami dengan teliti karena ada beberapa macam dilihat dari harganya. Yang lebih mahal tentu menghasilkan kualitas lebih baik, sehingga ini perlu menjadi pertimbangan pula sebelum memutuskan untuk membeli masing-masing komponen tersebut. Pemilihan komponen yang baik mulai dari resistor, elco, transistor, sampai kabel-kabel yang digunakan juga mempengaruhi hasil yang didapatkan, kita dapat mengambil beberapa opsi terkait biaya dan penggunaan tiap komponen pendukung tersebut.

Tinggal bagaimana kita mengakali dengan kreatifitas untuk menghasilkan kit yang ringkas dan menarik, serta penggunaan adaptor atau power supply yang memadai sehingga pasokan tegangan terpenuhi, pada akhirnya akan menghasilkan power maksimal dan dapat mengangkat loudspeaker yang digunakan. Tentu ini perlu perhitungan yang rinci dan sangat menyeluruh sehingga kita tidak melakukan kesalahan dalam berbagai segi sehingga semua dapat tercakup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *